For The First Time Ever

Standard

Memasuki bulan September disambut dengan informasi dari Twitter bahwa Ryan Adriandhy will be performing at Mentertawakan Indonesia pada 9 Oktober 2013. Akhirnya, ada juga stand up comedy show Ryan yang bisa saya lihat secara live. But, wait, 9 Oktober itu hari Rabu. Acara dimulai jam 19.00 WIB. Ini butuh pertimbangan untuk memutuskan nonton atau nggak. Yang dipertimbangkan adalah dari sisi waktunya, kenapa harus di hari kerja? Saya harus ajak siapa buat nemenin?

Ternyata event Mentertawakan Indonesia ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Indonesia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober. (silakan cek disini: www.mentertawakanindonesia.com)

Singkat cerita, sudah dapat teman untuk nemenin ke Mentertawakan Indonesia. Bareng temen seruangan di kantor. Iya, satu aja. Gak usah banyak-banyak. Yang penting saya sendiri bisa nonton, kan? :D lagi pula, harga tiketnya lumayan. Itu pun saya sudah pilih kelas yang paling bawah. Saya malas harus jelasin ini-itu dengan orang yang saya ajak cuma karena soal bayar tiket. Just keep it simple, “Yes or No?”

Urusan tiket selesai, tinggal menunggu hari penukaran bukti pembayaran ke tiket, dan bersiap tertawa.

Oh ya, by the way, Mentertawakan Indonesia ini yang stand up bukan cuma Ryan Adriandhy aja. Ada Ernest Prakasa, Pandji Pragiwaksono dan Sammy D. Putra. Keempat komika ini emang komika-komika yang bisa dibilang paling keren. Beruntunglah saya dapet kesempatan nonton ini.

H-4 menuju Mentertawakan Indonesia, malam hari, saya baru saja sampai di Jakarta setelah 2 hari dari luar kota. Tiba-tiba saya dapat kabar ditawari tiket gratis dari twitter fanbase-nya Ryan Adriandhy, Ryanist (@Ryanist_Indo). Ryanist punya 10 tiket gratis untuk dibagikan. Jelaslah, siapa yang nggak mau tiket gratis? Hehe.. Cuma dapet satu aja udah syukur. Tapi kenyataannya justru lebih ajaib. Pertama saya dapat DM dari twitter Ryanist, bilang bahwa saya dapet 2 tiket dan diminta alamat email untuk menukarkan Booking Page yang dilampirkan ke tiket Mentertawakan Indonesia. Ini belum ajaib, yang ajaibnya adalah saya diminta oleh admin @Ryanist_Indo untuk mengkoordinir penukaran dan pengambilan tiket kepada para pemenang lain yang diikutkan kuis. Oke, mendadak migrain.

Sudah menerima email dari tim Ryanist besok paginya. Isi email semakin membuat saya migrain. Karena pada akhirnya, saya pegang 5 tiket, admin 2 tiket, dan 3 untuk pemenang kuis. Sore selesai ngantor saya langsung meluncur ke lokasi penukaran tiket. Proses cepat dan selesai. Saya make sure lagi soal tiket ke admin Ryanist. Ternyata yang tadi belum berakhir, karena yang benar-benar akhir adalah saya pegang 8 tiket. Karena 3 tiket untuk pemenang kuis, ketiganya tidak bisa hadir. Saya harus sawer ke mana tiket-tiket ini??

FYI, admin @Ryanist_Indo ini berdomisili di Bandung. Karena itu lah alasannya yang akhirnya saya dapat mandat soal tiket.

Saya promo kesana-sini. Lewat BBM, Twitter, Facebook, sampe Path. Saya tawarkan juga ke teman kantor saya yang lainnya. Padahal saya promo gratis, tapi susah juga, ya. Apa kabar online shop? :|

H-1, masih sisa 3 tiket. I think that these tickets should be all booked. Mubazir banget kalo ada 1 tiket pun yang ga ada pemiliknya. They, 4 stand up comedians, are deserves to got many audiences to watch their smart thought. Dan sesuai dengan tema yang di angkat, membuat Indonesia tertawa. Jadi, saya harus membawa 8 penonton lain untuk ikut tertawa. Sorenya, tickets are sold out! Eh, tapi kan bukan lagi jualan, ya?

Hari yang ditunggu selama kurang lebih satu bulan, akhirnya datang juga. Wajah sumringah saya dari bangun tidur sudah terlihat. “Gak sabar, malam segeralah datang…”. Even while I’m on duty, I am not focus. Haha..

Sekitar jam 18.45, saya dan ‘rombongan’ sudah sampai di lokasi acara, gedung Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki. Sudah ramai calon penonton di sini. Bahkan ketika sampai, saya lihat komika, Topenk, di depan gedung. Tampak sedang menunggu teman lainnya. Tidak sampai 5 menit, saya melihat orang tua dari Ryan, juga baru sampai. What? Why I know his parents? Hahaha.. they’re always come in-almost-every their son performing stand up comedy special show. Included during Ryan on Stand Up Comedy Indonesia – Kompas TV. Orang tuanya ini sering tersorot kamera, makanya hafal :P yang saya tahu lainnya, istrinya Ernest Prakasa, Meira, juga hadir.

Sudah 19.00. Seharusnya sudah open gate. Tapi telat. Ngaret. Indonesia. Pfft.

Forget about the lateness. Jam 8, akhirnya, 4 komika hadir ke atas panggung. “RYAAAAAANNN!!!!” ya ceritanya sih maunya jerit-jerit macam nonton konser, gitu. Tapi nggak, saya tahan, jadi cuma senyum-senyum sendiri. Ini lho, orang yang beberapa bulan terakhir membuat saya terkagum-kagum sama talentanya yang banyak banget. Keempat komika membuka acara, lalu turun 3 komika lainnya, dan menyisakan 1 komika yang siap stand up. Hey, it’s Ryan Adriandhy!

Sepanjang Ryan stand up, saya amat sangat mengamati Ryan berbicara dan bergerak. He’s really awesome. Pembawaannya santai banget, jauh lebih tenang dari performa dia di pertama kali dia mengadakan stand up comedy spesial, From Tiny To Funny (saya nonton dari DVD). And exactly, he’s succeed to make audience laugh out loud. Pembukaan yang bagus.

Godammit, saya terpesona dari awal sampai akhir Ryan stand up! Yang ditunggu-tunggu akhirnya terwujud.

Stand up di lanjutkan langsung oleh Ernest Prakasa. Sama gilanya! Di sini, saya semakin yakin saya gak buang uang dengan percuma. 2 komika berhasil membuat semua penonton jadi serak gara-gara kebanyakan ketawa.

Selesai 2 komika, break 15 menit lalu di lanjut Sammy D. Putra. Pemikirannya soal politik dan isu-isu yang sedang beredar di Indonesia membuat semua penonton tersadar akan hal-hal ‘lucu’. Terakhir, Pandji Pragiwaksono. It’s should be more entertaining. Pandji berhasil banget sebagai head-liner. Ditambah dia sempat me-riffing penonton yang kribo. Saya sendiri sampai pegal rahang, ga bisa berhenti ketawa gara-gara semua komika ini. Kurang ajar emang =))

Setiap komika punya waktu sekitar 30 menit untuk stand up. It’s means we’re non stop laughing for 2 hours! Berakhir sudahlah tertawa sejenak di tengah kesibukan bekerja. Really entertained me. I never laugh out loud as happier as that day. Thank you so much.

Sesuai judul post ini, ini adalah pertama kali. Pertama kali lihat Ryan, pertama kali nonton stand up live, even this is the first time I riding train. Belum pernah sama sekali naik kereta, gara-gara Ryan, nih, akhirnya saya coba. Hahaha.

Ryan and friends just made me to addicted to watch stand up comedy live. I have to take the time to watch that someday. At least I’m (or maybe other) waiting for the show of Take A Closer Look, the tour finale by Ryan Adriandhy at Jakarta. Please, give me a clue when it will happen!

Also I want to say thank you so much to @Ryanist_Indo’s admin for some tickets. I didn’t know why you choose me to solve this, but that’s an honor, exactly. Thank you, again :)

by: Annisa Cynthia

Mentertawakan Indonesia - Stand Up Comedians

(Foto dari berbagai sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s