Mengubah kalimat

Standard

Sudah menjadi kebiasaan setiap lihat bendera kuning di jalan terutama di sekitar rumah pasti refleks bilang, “innalillahi wa inna illaihi raji’un”. Lalu, dilanjutkan dengan pertanyaan, “siapa yang meninggal?”. Apalagi kalo di sekitar rumah ya, setidaknya saya mengenal meskipun gak dekat.

Tapi, ada yang berubah sejak saya pindah ke Jakarta. Ini baru saya sadari beberapa hari lalu ketika saya pulang ngantor. Di gerbang deket rumah ada bendera kuning. “Innalillahi.. Siapa yang meninggal?”. Wait? Am I know people around here?
Orang meninggal di sekitar rumah lumayan sering. Hampir tiap bulan mungkin ada. Dan saya baru sadar beberapa hari terakhir. Ternyata selama ini saya gak kenal tetangga disini. Bukan sok sibuk, tapi memang nyatanya saya jarang di rumah. Senin – Jumat saya kerja, berangkat dari rumah pagi-pagi banget yang kadang jalanan sekitar rumah masih sepi. Pulang malam, jalanan sekitar rumah juga mulai sepi. Sedangkan Sabtu & Minggu, kalau saya tidak pulang ke kampung atau main ke mall seharian, saya cuma di rumah aja. Gak melakukan apapun di luar sekitar rumah. Antara harus beres-beres rumah, pengen leyeh-leyeh, dan tentunya di luar itu panas. You know Jakarta is.
Lalu, saat itu jadi terpikir, sepertinya kalimat ketika melihat bendera kuning disini harus di ubah. Yakni menjadi, “Innalillahi… Rumah sebelah mana yang ada orang meninggal?”. Yaa, kalau rumah mah lumayan hafal lah. Walaupun gak semuanya. Dan terpenting, saya mengirim doa untuk mereka.

Iya, saya tahu saya salah. Saya tidak bersosialisasi dengan penduduk sekitar yang seharusnya itu wajib.

Maafkan hambaMu ini, Tuhan.

By,
Annisa Cynthia Pratami

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

