Antara Entertainer dan Followback Twitter

Standard

Capture14_32_51Ditengah-tengah kehebohan orang-orang yang jadi fakir folbek dan mention kepada idolanya, saya malah selalu beruntung di followback sama orang-orang favorit saya tanpa saya minta sekali pun.

Kali ini, mood booster baru saya (yang baru aja saya kenalkan beberapa hari lalu disini: http://wp.me/pH98T-9P) follow akun twitter saya dan itu membuat saya tiba-tiba pengen menjerit. Berhubung saya lagi di kantor, saya tahanlah jeritan itu dan malah jadi senyum-senyum sendiri sampe di komentar orang. Err…

followback3Gak ngerti apa alasannya Ryan tiba-tiba follow saya. Sebelumnya, pagi-pagi saya iseng mention Ryan, “I just heard your Suit & Tie cover. Sounds good :) can you make another song cover later?”. Lalu beberapa jam kemudian, ternyata Ryan bales, “We’ll see. Haha”. Duh, dibales pendek gitu aja udah seneng banget. That was succesfully boosted my mood enough. Udahlah saya gak banyak macem-macem setelah itu. Cukup klik favorit mention-nya, selesai. Asik twitteran lagi, mention-mention-an sama temen-temen (lagi ga ada kerjaan di kantor, red). Tiba-tiba ada pemberitahuan dari tab interactions Twitter, “Ryan Adriandhy followed you”. Ha? Ini apa? Ya gitu deh kurang lebih ekspresi saya, bengong selama 5 detik sebelum beneran sadar -__-

Pas sadar itu lah, “OH MY GOD!” dalam hati tapinya. Kenapa Ryan follow saya? Kok bisa? Mention dia aja gak sesering orang. Apalagi sampe ngemis-ngemis ala fakir folbek dan mention, boro-boro, bro! :P

Masih ga percaya, karna takutnya Ryan cuma liat-liat profil saya, terus kepencet follow padahal ga niat follow. Terus dia unfollow lagi deh. So, I checked my followers list. Huwaaahh benerr! Ah, masih belum percaya. Saya cek lagi via twitter client lain, dan benar. Belum yakin juga, cek following list nya Ryan, bener kok. Masih ga percaya lagi, cek lagi. I did that repeatedly all day long. Iya, emang, lebay banget. Saking senengnya gitu deh.

Saya mendadak ngefans sama Ryan setelah serial Malam Minggu Miko selesai. Follow twitter dia pun paling baru sebulan atau 2 bulan terakhir. Sejak itu saya baru banyak cari tau. Makanya, di followback dia secepat ini bikin saya speechless. Banget.

Ngobrol-ngobrol soal followback, sebelumnya, saya di followback ke-tiga personil Numata, dan itu prosesnya lumayan lama. Kesamaannya cuma satu, saya gak minta. Haha.

tapi, kalo boleh berbangga (tepatnya pamer), entertainer yang follow saya bukan cuma mereka aja. Saya orang biasa, tapi beberapa dari mereka yang follow saya, gak pernah sekalipun saya minta. Kecuali si bintang cilik, Umay. Berikut adalah mereka yang follow saya:

  1. followedAri Tulang (@aritulang), professional coreographer – kalo dia emang kebiasaannya following para followersnya. Tapi, dia tetep terbilang entertainer, dong?
  2. Mhala Numata (@mhalanumata), musician – dari semua personil numata, dia lah yang pertama kali follow saya. Tanpa sepengetahuan, username twitternya Mhala udah ada di deretan followers saya.
  3. Inu Numata (@inunumata), musician – saya masih inget gimana Inu follow saya. Setelah saya mention (lupa apa bahasannya), lalu dia bales kurang lebih seperti ini, “kamu baik deh. Saya follow yaa!”. That was his fault, setelah dia ngetwit itu, dia diserbu followersnya pengen di followback juga. Hahaha. Sayangnya, saya lupa klik favorit twit itu.
  4. Tantra Numata (@TantraNumata), musician – kalo yang ini saya agak lupa. Yang saya inget, tau-tau udah ada di list followers saya.
  5. Cut Artharina (@CutArtharina), professional dancer – mungkin cuma beberapa dari kalian aja yang tau dancer satu ini. Saya suka, saya mention say hello, lalu setelah itu dia folbek.
  6. Gilang Dirgahari (@GilangDirga), actor – ini kasusnya sama dengan Ari Tulang.
  7. Terry (@terrylize), singer (pelantun lagu “Harusnya Kau Pilih Aku” dan Remake “Butiran Debu”) – sama lagi sama Ari Tulang dan Gilang Dirgahari.
  8. Umay (@umaykeren), actor & singer – nah, kalo ini saya emang minta. Tapi kondisinya saat itu, Umay lagi open follow (istilah untuk follow back secara besar-besaran). Isenglah saya mention si adik kecil, Umay ini. Mau ‘kecipratan’ folbek atau ngga, ya terserah. Eh ternyata saya dapet. Hehe
  9. Kelly Boham (@kellyboham), HEARTS girlband’s personel – belum banyak yang tau siapa dia, karna girlband nya belum lama muncul di tv. Saya dikenalin Inu, lalu saya di folbek sama Kelly.
  10. Valiant Budi Yogi (@vabyo), penulis buku (salah satunya, Kedai 1001 Mimpi), composer beberapa lagunya boyband SM*SH – saya tau mas Vabyo dari Mhala karena mereka temenan. Lalu tau baca beberapa bukunya yang keren. Dan tanpa sepengatahuan, mas Vabyo udah nangkring di list followers entah udah berapa lama sebelum saya sadar.
  11. Ryan Adriandhy (@Adriandhy), stand-up comedian/comic – the latest one, yang saya ceritakan diatas tadi kronologisnya.

Kalo nge-fans mah, nge-fans aja. In my opinion, cukuplah kita kenal dia sebagai entertainer, ga usah ngarep macem-macem. Mereka punya kesibukan dan mereka punya privasi. Mereka memang butuh kita (fans) untuk menunjang kariernya, tapi bukan berarti kita harus selalu tau apa kegiatannya setiap jam bahkan menit. Dan soal twitter, entertainer punya twitter bukan cuma buat komunikasi dengan teman/penggemar aja. Mereka menggunakan media itu juga untuk pekerjaan mereka (promo, misalnya). Gak usahlah kita ngemis-ngemis minta folbek atau (yang lebih sepele) dibales mention nya. Aktifitas mereka bukan cuma di depan twitter. Jangan pernah menganggap kalo mereka gak menanggapi tweetmu berarti mereka sombong. I can make sure that they’re always read your tweets even they’re not reply yours. Mention silahkan. Tapi tau etika. Kalo isinya, “folbek dong kak”, ya ngga semua entertainer melakukan itu. Bertanyalah atau share something sama mereka secara wajar. Di bales, syukur. Ga dibales, “yaudah lah”. Folbek? Saya percaya, mereka punya alasan kuat kenapa mereka gak sembarang follow orang dan kenapa mereka jarang bales mention. Di follow back, belum tentu twitnya selalu di bales. Dan yang ga di follow back, bukan berarti ga bisa mention atau ngobrol sama doi (except If the user account has protect). So, let them free for what their will do.

– Annisa Cynthia Pratami.

…By the way, thank you so much, Ryan Adriandhy. You made my day :)

Leave a Reply

